Kamis, 15 Mei 2008

WEB BROWSER




Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk mengalokasikan tampilan halaman web atau memperbolehkan seorang pengguna web untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang dihost oleh server-server web. Browser dapat kita ibaratkan seperti aplikasi Word, Excel. Dengan browser maka kita dapat menjelajah halaman web yang ada di Internet,bisa menuju setiap link yang ada di sebuah web sites, tanpa browser maka kita tidak dapat menjelajahi Internet. Ada banyak browser di pasaran seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera dan terakhir yang lagi naik daun adalah Mozilla Firefox, setiap Browser mempunyai karakteristik masing-masing dan yang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya.Internet Explorer dan Netscape Navigator merupakan Graphical Browser yang berarti keduanya dapat menampilkan Graphic sebagus teks. Sebagai tambahan kebanyakan browser modern saat ini dapat menampilkan informasi multimedia termasuk video dan suara, meskipun keduanya membutuhkan plug-in untuk beberapa format.

Sejarah Web Browser

Sejarah Web browser dimulai dari seorang mahasiswa S1 bernama Marc Andressen, yang bersekolah di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamakan dengan Mosaic.Dialah yang mengawali penngunaan sistem GUI yang pada saat itu belum umum, karena penjelajahan web pertama kali menggunakan basis teks, seperti contoh Lynx.Ketika sistem GUI mulai menjamur, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Jim Clarc (salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI)) untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer yang pertama digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web yang bersifat komerisal, akan tetapi seiring dengan waktu, akhirnya Navigator pun menjadi gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang bersifat gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengkomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi browser komersial.

Beberapa hal yang terkait dengan Web Browser

HTTPS

Seperti kita ketahui web browser tidak pernah lepas dari HTTP karena Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port 80). Namun karena serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks semakin menjadi sekarang ini orang mulai beralih menggunakan HTTPS untuk memberikan perlindungan yang memadai terhadap kedua serangan tersebut.

XHTML

xhtml adalah extend dari html, yaitu html yang XML well formed, sebenarnya xhtml itu suatu spesifikasi/aturan-aturan yang harus ditaati, meskipun kadang kalao pun kita tidak menaati peraturan itu browser-browser tetap menjalankannya dengan benar.

Cookies

Memperbolehkan sebuah website untuk mengetahui seorang pengguna lama.

Fitur-Fitur Web Browser

1.Activex

ActiveX adalah pertumbuhan luar dari Microsoft technologies yang disebut OLE (Object Linking and Embedding) dan COM (Component Objek Mode)

2.Java Applet

Applet adalah program Internet-based kecil yang ditulis java, bahasa pemrograman untuk web yang dapat di download oleh komputer manapun.

3.DHTML

Dynamic HTML atau DHTML adalah terminal yang digunakan untuk kumpulan teknologi, digunakan bersama untuk membuat website interaktif dan animasi website dengan menggunakan kombinasi dari static markup language (seperti HTML), bahasa client-side scripting language (seperti JavaScript), bahasa definisi presentasi (Cascading Style Sheets), dan Document Object Model.

4.Web Cache

Web cache adalah cache dari dokumen web (contoh HTML pages, images) dalam perintah mengurangi penggunaan bandwidth, server load, dan perceived "lag".

5.Java Script

JavaScript adalah nama dari implementasi Netscape Communications Corporation dari ECMAScript standard, bahasa pemrograman script yang berdasar pada konsep prototype

6.Cascading Style Sheet

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup

7. Autocompletion.

Autocompletion is a fitur provider dengan banyak source code text editors, word processors, dan web browsers.

Web Browser yang paling popular

1.Internet Explorer

Sebuah browser web propieter yang gratis dari Microsoft.

2.Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

3.Opera

Sebuah browser web buatan Opera software yang bermarkas di Norwegia. Opera compatibel dengan sistem operasi windows dan Linux.

4.Netscape Navigator

Netscape Navigator, juga dikenal sebagai Netscape, adalah proprieter web browser yang popular di tahun 1990.

From Wikipedia


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hi Nice Blog web time clock replaces tedious, error prone paper time clock methods with an easy to use web-based solution that can be accessed from anywhere over the Internet. WebPunchClock is offered as an online subscription service, which means your company can be up and running immediately, with no investment in hardware, software, or technical support staff.

Roseline mengatakan...

Slot online